CRAZY RICH ASIAN: DRAMA MAINSTREAM YANG DIESKALASI

Film Crazy Rich Asian adalah film Hollywood pertama yang semua pemainnya adalah orang/keturunan Asia. Preseden bagus buat industri film Amerika dimana sebelumnya mereka dianggap terlalu “putih” ketika memproduksi sebuah film.

review crazy rich asians

Meskipun semua pemainnya Asia, tapi yang ditunjukkin kayaknya cuman sebatas keturunan Chinese Singaporean doang. Padahal Asia kan ga cuman itu, masih ada India, Pakistan Filipina dan lain sebagainya. Intinya banyak yang mengkritik film ini cuman ngegambarin orang Asia dalam persepsi orang Amerika doang. Bahkan kalo kalian ngeliat, ya, ga ada orang kulit coklat di film ini.

Oke mungkin udah cukup rasis ngomongin masalah kulit pemainnya di sini. Mari kita pindah ke filmnya aja.

Menurut gue, Crazy Rich Asian itu film drama standar dan cendrung usang plotnya tapi dieskalasi ke level yang lebih tinggi. Kalian tentu pernah nonton drama macam Beauty And The Beast atau drama percintaan beda kasta lainnya kayak Romeo and Juliet atau salah satu film drama favorit gue, She’s Out Of My League.

Nah, Crazy Rich Asian ga jauh beda dari film bergenre drama yang barusan disebutin di atas. Cuman levelnya lebih elit dan elegan daripada yang lain. Kalo biasanya drama percintaan beda kasta ini antara si kaya dan si miskin, di film ini perbedaan antara si kaya (banget) sama si kaya (aja).

rachel chu crazy rich asians

Gimana ga? Wong pemeran utama prianya adalah anak konglomerat terkaya di Singapura, NIck Young (Henry Golding) bujangan yang tinggal di Amerika punya orang tua paling kaya seantero Singapur. Sebut aja marganya itu, siapa ga kenal di sana?

Pacarnya Nick, Rachel Chu (Constance Wu) bukan keturunan Asia (atau dalam film ini Chinese Singaporean) asli. Melainkan blasteran Tiongkok-Amerika gitu. Ga kaya-kaya banget, tapi dia seorang professor di universitas cukup terkenal di Amerika.

Cowonya anak konglomerat, cewenya seorang professor. Mirip banget sama drama yang udah ada kan?

Konflik utamanya adalah ketika si Rachel harus bertemu dengan ibunya Nick dan keluarga besarnya di pesta perkawinan sepupunya Nick. Dimana Rachel merasa dia bukan siapa-siapa apalagi keluarga berada dan harus bertemu dengan keluarga konglomerat.

Perseteruan antara Rachel dan ibunya Nick ini sebetulnya ga jauh beda dengan jalan cerita film drama pada umumnya. Hanya saja, sisipan komedi yang dibawakan oleh keluarga Guoh Peik Lin (Awkwafina) menjadi bumbu pemanis yang cukup menghibur. Selebihnya ga jauh beda dengan drama calon mertua dan calon menantu.

Mungkin yang udah nonton Oceans’ 8 pasti ga asing lagi sama Awkwafina. Dia artis asia yang lumayan terkenal jadi levelnya udah pantas masuk film yang pemainnya semua adalah orang Asia. Ya kan?

Saat nonton Crazy Rich Asian ini, di dalam kepala gue berseliwiran kicauan-kicauan netizen bertagar oldmoney beberapa bulan yang lalu. Crazy Rich Asian hampir menggambarkan semua kicauan yang ada twitter walaupun kondisi dan latar belakang ceritanya berbeda.

Yang menjadi pencuri perhatian di film ini menurut gue salah satunya adalah Gemma Chan yang meranin Astrid Leong. Saudari Nick yang cantiknya kebangetan dan punya kepribadian yang baik banget. Terlalu sempurna untuk terwujud di dunia nyata.

astrid leong crazy rich asian, gemma chan

Meskipun banyak yang bilang film ini romantis banget, menurut gue romantisme macam gini tuh udah lama banget ga dipake lagi di film-film. Tapi sebagai film Asia pertama yang bisa nembus hollywood  Crazy Rich Asian patut diapresiasi. Semoga aja di masa depan akan ada film Asia lainnya.

Kalo bisa sih ga pake formula lama yang kayak gini lagi. Penonton pengen sesuatu yang baru, atau mungkin ngangkat yang tabu untuk diperbincangkan, siapa tau ada sutradara ‘gila’ yang punya ide cerita cukup berani untuk difilmkan.

Ga pengen ketinggal review film lainnya di blog review film favoritmu ini? Ada 2 cara yang bisa kalian lakukan:

  1. Bookmark blog ini di hp/laptop kalian biar kalian bisa cek setiap saat.
  2. Ikuti akun media sosial gue di twitter @perangkaiabjad akun itu kalian ga cuma dapet pembaruan soal film aja, tapi juga berbagai macam hal lainnya. Insya allah diikuti balik.
  3. Ikuti akun media sosial gue lainnya di instagram @radrambo di situ feedsnya emang ga bagus, tapi kalian bisa ikuti voting yang biasa gue pos kalo mau ngereview film yang akan gue tonton selanjutnya. Biasanya di insta story.
  4. Berlangganan via surel untuk situs ini, kalian tinggal tulis aja email kalian di kolom yang tersedia. Nanti kalo ada tulisan review film terbaru, akan ada notifikasi ke surel kalian langsung! Keren ga tuh?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress SEO Plugin by SEOPressor
%d blogger menyukai ini: