THE ILLUSIONIST: DRAMA PERCINTAAN SEORANG PESULAP

Buat yang suka sama film romansa bercampur sedikit trik sulap dan ilusi dari sebuah pertunjukkan, The Illusionist adalah film pertama yang akan gue rekomendasikan. Terlebih ketika mulai banyak film-film bergenre sulap yang ceritanya hanya dimodif sedikit biar keliatan beda satu dengan lainnya.

the illusionist

Ketika bikin vote pilihan film di instagram, gue yakin The Illusionist ga akan keluar sebagai pemenangnya. Karena waktu itu disandingkan dengan film bergenre sama dengan judul The Prestige. Gue kaget ketika hasil akhirnya keluar bahwa netizen instagram lebih banyak memilih untuk minta review film ini.

Terimakasih banyak buat kalian yang udah mau berpartisipasi dalam vote. Untuk selanjutnya ikutan lagi, ya! Biar gue bisa bikin konten yang emang punya pembaca sendiri. Dan gue harap yang vote-nya kalah ga kecewa. Tetap ikutan karena tanpa vote dari kalian, konten lain ga akan tercipta.

untuk yang mau ikutan vote bisa langsung follow instagram @radrambo

REVIEW FILM THE ILLUSIONIST

Film ini berlatar waktu di Vienna (Austria) antara tahun 60-an atau 70-an dimana semuanya masih serba analog alias manual alias kuno! Masih ada kereta kuda (alat tranportasi paling mewah dikala itu), orang-orang berkuda dianggap sebagai orang kaya, dan listrik masih berupa barang mewah.

robert norton, eisenheim

via tasteofcinema.com

Menceritakan 2 karakter utama Robert Ibrahimovicz alias Eisenheim (Edward Norton) dan Deuches Van Schoon alias Sophie (Jessica Biel). Eisenheim seorang illusionist yang punya kemampuan “menghidupkan” orang mati hingga penonton terpukau banget ngeliatnya.

Robert dan Sophie sebetulnya saling cinta sejak remaja, tapi hubungan mereka terhalang status sosial sehingga harus ngejalanin hubungan secara backstreet. Sophie seorang putri kerjaan Vienna ga mungkin bisa berjodoh dengan Robert yang cuma seorang anak dari tukang kayu.

The Illusionist diceritakan dengan alur mundur-maju. Dimana seorang inspektur polisi bernama Uhl (Paul Giamatti) yang menjadi narator kisah perjalanan Robert menjadi illusionist terkenal. Uhl nyeritain pertunjukkan spektakuler Eisenheim dari sisi penonton.

Alurnya bagus banget. Kita diajakin mengikuti setiap langkah Eisenheim di kehidupannya. Kita digiring ke arah cerita yang emang dikehendaki jalannya seperti itu. Mulai dari pertemuan Eisenheim untuk kedua kalinya (setelah 20 tahun) dengan Sophie yang terjadi di atas panggung. Sampai kepada Eisenheim yang berhasil masuk istana karena disuruh perform di hadapan keluarga raja.

jessica biel, the illusionist

via ize-collectibles.blogspot.com

Semua ceritanya dikemas begitu bagus. Sehingga penonton yang lugu macam kita ini akan terbawa arus mainstream kisah romansa zaman dulu. Kalo bukan karena pertunjukkan sulapnya mungkin kita bakalan mengira The Illusionist ga lebih baik daripada drama Romeo and Juliet atau Rose dan Jack di film Titanic.

The Illusionist punya twist yang epic. Hal ini bikin level ceritanya jadi lebih menarik. Sepengetahuan gue, film yang punya twist di tahun 2006 itu tidak terlalu banyak. Artinya referensi sutradaranya cukup banyak sehingga berani bikin film kayak gini.

Buat yang suka sama film romansa bercampur sedikit trik sulap dan ilusi dari sebuah pertunjukkan, The Illusionist adalah film pertama yang akan gue rekomendasikan. Terlebih ketika mulai banyak film-film bergenre sulap yang ceritanya hanya dimodif sedikit biar keliatan beda satu dengan lainnya.

Kekurangan dari film ini cuman satu: terlalu gelap. Bukan atmosfirnya, tapi kebanyakan di shoot dalam kondisi yang minim cahaya. Jadi kadang suka bikin adegan pentingnya ga terlalu keliatan. Mungkin waktu itu sutradaranya lupa setting lighting yang bener atau emang begitulah seharusnya atmosfir yang ditampilkan.

* * *

Kalo ga pengen ketinggalan info review film terbaru yang lagi tayang di bioskop, langsung bookmark aja blog review film favoritmu, ya! Kasih tau ke temen-temen kalian juga kalo ada blog review film yang wajib mereka datangin sebelum mereka pengen nonton film di bioskop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress SEO Plugin by SEOPressor
%d blogger menyukai ini: