DILAN 1991

Udah pada nonton Dilan 1990? Simak ulasan gue tentang Dilan 1990 di blog ini, ya! Setelah itu baru simak review Dilan 1991 ditulisan ini, oke!?

review film dilan 1991

Karna udah nonton Dilan 1990, walaupun belum baca bukunya, rasanya nanggung kalo ga nerusin nonton kelanjutannya, ya! Jadilah nonton di hari pertama pemutaran filmnya. Tentu aja bukan gue yang pengen nonton, tapi cewe sendiri yang pengen. Jadi yaudahlah mari kita mulai aja review Dilan 1991-nya yuk!

SINOPSIS DILAN 1991

Film Dilan 1991 masih mengisahkan cerita cinta 2 sejoli di tahun 90-an dari sudut pandang wanitanya, Milea. Dari sudut pandang ini, kita tau gimana perasaan Milea sama Dilan ketika udah resmi memproklamirkan pacaran di tanggal 22 Desember 1990.

review film dilan 1991

via id.bookmyshow.id

Dikisahkan Milea dan Dilan mengalami masa-masa indah berpacaran seolah-olah dunya hanya milik mereka, dan orang lain cuman boleh nyewa. Mesraaaa banget, saking mesranya gue nonton jadi eneg sendiri liatnya hahahaha..

Ketidaksukaan Milea terhadap bergabungnya Dilan ke klub geng motor semakin nampak dan nyata di film kali ini. Bahkan menurut gue, geng motor adalah konflik paling besar di film Dilan 1991 ini. Emosi Milea tebel banget untuk nunjukkin kecemasan dan ketidaksukaan kelakuan Dilan yang masih doyan beraksi bersama geng motornya.

Oh iya! Di Dilan 1991, kita akan melihat peran Ibunda Dilan  jauh lebih banyak daripada film pertamanya. Ibunda Dilan yang diperankan oleh Ira Wibowo ini, akan terlibat lebih dalam diantara hubungan putranya dengan Milea.

Beberapa peran baru juga muncul di Dilan 1991. Tapi tenang aja, masih disesuaikan dengan jalan cerita aslinya yang ada di buku, kok. Jadi buat kalian yang udah baca bukunya, akan lebih mudah ngikutin jalan ceritanya. Ga kayak gue yang harus nanya ke pacar dulu untuk bisa ngikutin alurnya hahahah..

REVIEW DILAN 1991

Di awal film kita diajak untuk menikmati kelanjutan hubungan Dilan dan Milea setelah resmi berpacaran. Kemesraan demi kemesraan ditampilkan, meskipun masih mengeluarkan kata-kata yang di luar susunan EYD seharusnya, tapi buat gue kali ini Dilan lebih keliatan manusianya. Karena kata-kata absurd itu tidak terlalu banyak keluar dari mulutnya di film Dilan 1991 ini.

review film dilan 1991

via insuara.com

Di Dilan 1990, cikal bakal ketidaksukaan Milea terhadap geng motor Dilan sudah terlihat. Di film kedua ini, ketidaksukaan itu semakin nampak. Malah menurut gue jadi isu utama di film ini yang bikin mereka jadi berantem terus.

Emang bener ya, hobi laki-laki itu adalah pacar pertama mereka. Biarpun udah punya pacar, tetap aja si cewe akan harus sering ngalah sama hobinya. Termasuk Milea yang harus ngalah sama geng motornya Dilan di film ini. Tapi kekhawatiran Milea wajar, sih. Karna saking sayangnya sama Dilan, dia ga pengen kehilangan Dilan pas lagi sayang-sayangnya, apalagi harus kehilangan Dilan dalam keadaan berantem antar geng motor.

Gue setuju kalo ada yang bilang Dilan 1991 ini menguras emosi, terutama dari sisi Mileanya. Yang nonton juga capek liatnya, nahan emosi ngeliat Milea dibikin marah mulu sama Dilan. Tapi gimana ya? Dilan emang begitu orangnya, keras kepala.

Buat yang berharap level keromantisan yang sama dengan film yang pertama, kalian ga akan dapatin hal itu kali ini. Karna Dilan 1991 akan 180 derajat berbeda dengan sebelumnya. Iqballe perannya ga terlalu menonjol daripada Dilan 1990. Mungkin karena di sini menceritakan dari sudut Milea, kali ya. Siapa tau di film Milea nanti Dilan justru akan tampil lebih dominan.

Kata temen-temen kebanyakan sih Dilan 1991 ini ga cocok ditonton sama yang pacaran. Gue malah ngerasa yang ga cocok ditonton itu kedua filmnya. Bukan cuman ini doang hahahaha.. ini pendapat pribadi, ya. Karna terlalu romantis dan muluk untuk bisa terjadi di zaman sekarang.

Dilan kalo hidup di zaman sekarang, pasti banyak yang ngedeketin. Masa dari 2 film, Dilan ga pernah dideketin perempuan lain selain Milea? Yakin dah, sekarang tuh cewe ada yang seleranya sama cowok yang agak-agak pemberontak gitu. Yah ga semua sih cuman ga sedikit yang kayak gitu. Ya ga? Ngaku deh kalian hahaha..

Oh kemunculan tokoh-tokoh baru juga menurut gue cukup bagus. Bikin film ini jadi makin variatif dan ga terlalu monoton kayak yang pertama. Terutama kemunculan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang berperan jadi kepala sekolahnya Dilan. Katanya untuk main film ini, beliau ga mau dibayar, lho! Keren!

APAKAH DILAN 1991 BAGUS UNTUK DITONTON?

Kalo bagusnya adalah dari level banyak-banyakan hal romantis, jelas ga bagus. Tapi kalo dari sisi kelihaian pemainnya menguras emosi penonton, menurut gue film ini bagus. Kalo pengen ngerasain emosi kalian diaduk aduk sama Dilan dan Milea, wajib banget nonton Dilan 1991 ini.

review film dilan 1991

via id.bookmyshow.id

Sampai hari ke-5 pemutaran di seluruh Indonesia, Dilan 1991 udah ditonton 3 juta penonton! Dan katanya jadi rekor pencapaian terbaru untuk ukuran film Indonesia. Jadi kalian bisa simpulkan sendiri apakah Dilan 1991 jelek atau bagus.

DAN!

Tonton dulu filmnya sebelum bikin protes macam-macam! Ada aksi mahasiswa yang protes (di dalam mall yang ber AC), biasanya demo di luar gedung panas-panasan. Katanya Dilan 1991 itu menunjukkan pelecehan terhadap pekerjaan guru dan mengundang kekerasan untuk anak usia sekolah.

Respon gue:

HEEEII..!! ANDA TONTON DULU SEBELUM PROTAS PROTES!

Dilan 1991 ga ada sama sekali adegan melecehkan guru dan kekerasannya!

Tolong lah.. jadi mahasiswa tu bikin kegiatan yang lebih berfaedah daripada demo-demo begitu. Bikin karya tulis kek, ngerjain tugas dosen kek biar IPK bagus.

Dah ah jadi ngelantur..

Tonton aja kalo mau tau bagus apa ga. Kalo ga mau nonton ga usah banyak protes, diam lebih baik. Oke?

Ga pengen ketinggalan review film lainnya di blog review film favoritmu ini? Gampang banget caranya:

  1. Bookmark blog ini di hp/laptop kalian biar kalian bisa cek setiap saat.
  2. Ikuti akun media sosial gue di twitter @perangkaiabjad akun itu kalian ga cuma dapet pembaruan soal film aja, tapi juga berbagai macam hal lainnya. Insya allah diikuti balik.
  3. Ikuti akun media sosial gue lainnya di instagram @radrambo di situ feedsnya emang ga bagus, tapi kalian bisa ikuti voting yang biasa gue pos kalo mau ngereview film yang akan gue tonton selanjutnya. Biasanya di insta story.
  4. Berlangganan via surel untuk situs ini, kalian tinggal tulis aja email kalian di kolom yang tersedia. Nanti kalo ada tulisan review film terbaru, akan ada notifikasi ke surel kalian langsung! Keren ga tuh?

One thought on “DILAN 1991

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress SEO Plugin by SEOPressor
%d blogger menyukai ini: