REVIEW FILM JOKER

Saya rasa Joker ini adalah film yang membuat paling penasaran selama 2019 ini. Mulai dari teaser posternya, dilanjutkan dengan teaser posternya juga. Sampai akhirnya ketika premiere film Joker diputar di luar negeri sana dan kemudian viral video standing ovation 8 menit setelah film Joker selesai. Gila ga tuh?

Jadi makin penasaran doong..

Oleh karena itu saya dan pacar mengatur jadwal untuk nonton film Joker bulan ini.

Film Joker
review film joker

Sinopsis Film Joker

Joker menceritakan seorang laki-laki bernama Arthur Fleck (Joaquin Phoenix). Seorang badut promosi yang sering sekali dibully orang. Termasuk oleh bocah-bocah. Arthur hidup sama ibunya yang udah tua di sebuah rusun kumuh di sekitar kota Gotham.

Kehidupan Arthur begitu suram, sesuram kota Gotham yang didominasi kemiskinan dan kejahatan setiap hari. Semakin suram lagi ketika tau ternyata Arthur menderita penyakit cukup aneh: tidak bisa mengontrol tertawanya sendiri. Atau lebih tepatnya ketika dia gugup/sedih dia bukannya menangis malah tertawa.

Selain bekerja sebagai badut promosi, Arthur juga punya sampingan jadi seorang standup comedian. Dia punya buku catatan sendiri untuk menuliskan materi-materinya.

Film Joker
review film joker

Arthur harus mengobati penyakit anehnya itu dengan meminum berbagai macam obat. Dia bisa mendapatkan obat itu hanya dengan resep dari terapisnya. Namun, pada akhirnya dia harus menerima kenyataan bahwa terapisnya harus menutup pelayanan kesehatan kepada Arthur karena Dinas Sosial Gotham menutup fasilitas itu. Arthur pun harus kehilangan akses untuk mendapatkan obat menyembuhkan penyakitnya itu.

Di sisi lain, Thomas Wayne sedang mencalonkan diri sebagai Walikota Gotham yang baru. Dia menjanjikan untuk mengangkat derajat kaum miskin dan mensejahterakan kota Gotham. Mirip janji-janji kampanye caleg di Indonesia, ga jauh-jauh.

Hidup Arthur semakin hari makin suram. Dia terus-terusan dirundung masalah. Mulai dari dipecat dari tempat kerjanya karena ketahuan membawa pistol ke rumah sakit anak, dikhianati teman sendiri sampai menerima kenyataan paling pahit yang harus dialami seorang anak.

Bisa dibilang Arthur adalah orang yang paling sial di dunia. Sepanjang film, hanya kesialan yang dia terima. Kemanapun dia berada, selalu ada masalah dan kesialan yang mengintai di tiap sudut jalan Gotham.

Review Film Joker

Ketika mau nonton film Joker review-review  ringan yang berseliwiran di twitter dan instagram. Mulai dari review yang ga ngasih spoiler sampai cuman sekadar membagi kutipan-kutipan dari filmnya. Mini review kayak gitu bikin tambah penasaran jadinya. Apakah ini film overrated sama netizen atau emang beneran bagus?

Begitu selesai nonton film Joker, gue langsung melongo. Anjing ini film bisa-bisanya kayak begitu! Sepanjang film kita udah dibawa muter-muter ngikutin perjalanan hidup dan penderitaan Joker, hanya untuk tau bahwa itu semua adalah isi kepalanya.

Film Joker
joaquin phoenix

Banyak teori yang berkembang mengenai ending dari film Joker ini.  Ada yang bilang itu hanya kejadian dari isi kepalanya saja alias ga nyata. Ada juga yang bilang itu kejadian nyata dan dia emang ditangkap setelah ngelakuin serangkaian pembunuhan itu. Ada juga yang bilang separuh nyata separuh lagi khayalan dia. Apapun teori yang kalian percayai, semuanya sah-sah aja. Tidak ada benar atau salah, karena begitulah inti dari film Joker, ending-nya adalah interpretasi dari penontonnya sendiri.

Itu yang bikin Joker buagus banget! Penonton tuh “ditipu” sepanjang film, tapi ga marah justru senang banget. Karena penonton udah bosan sama film yang cuman sekadar jadi “hiburan”. Joker hadir dengan warna yang berbeda daripada film lain. Jadi pantas banget kalo film Joker ini bisa jadi pemenang festival film.

Setelah nonton film Joker, gue ngerasa kayak Arthur adalah darkside semua orang yang ga terlampiaskan selama ini. Tood Philips (sutradara Joker) bisa memvisualisasikannya dengan aduhai di film Joker.

Joker adalah kita yang ketika di-bully terus menerus dan ga ada kesempatan untuk membalas. Joker adalah kita yang hanya “berangan-angan” membunuh dan menembak untuk melampiaskan alter ego kita. Joker adalah fantasi psikopat kita yang selama ini terpendam di alam bawah sadar.

Yang paling bikin merinding adalah transisi ketika Joker menjadi suatu yang dipuja-puja masyarakat Gotham. Itu kayak ngeliat “kelahiran’ villain paling kejam yang hadir ke dunia gitu. Asli itu scene keren banget dah..

Joker bukan tontonan anak kecil! Jadi dimohon dengan sangat untuk tidak membawa anak kecil menonton film Joker. Sayangi anakmu dengan memilih film sesuai dengan rating dan umurnya, oke? Ada banyak adegan sadis dan terlalu “mengganggu” untuk ditonton sama anak kecil. Bahkan gue rasa orang dewasa pun sebagian pasti ada yang shock juga ngeliat adegan-adegan di film Joker ini.

Apa Film Joker Worth it Ditonton?

Buat kalian pencinta film mindfuck atau mindblowing kayak gini sih wajib kudu harus banget ditonton film Jokernya. Karena film kayak gini, tuh jarang banget ada setahun sekali, man! Kalo ada kesempatan wajib banget nonton ya!

Tapi buat yang ga terlalu ngerti film yang ‘berat’ secara psikologis kayak gini, mending dihindari aja. Takutnya kalian bukannya terhibur malah jadi makin stress habis nonton film Joker. Pastikan mood untuk menonton film Joker dalam keadaan stabil, ga lagi PMS atau lagi stress. Biar nontonnya tenang dan alam bawah sadar terpengaruh sama efek dari film ini.

Ga pengen ketinggalan review film lainnya di blog review film favoritmu ini? Gampang banget caranya:

  1. Bookmark blog ini di hp/laptop kalian biar kalian bisa cek setiap saat.
  2. Ikuti akun media sosial gue di twitter @perangkaiabjad akun itu kalian ga cuma dapet pembaruan soal film aja, tapi juga berbagai macam hal lainnya. Insya allah diikuti balik.
  3. Ikuti akun media sosial gue lainnya di instagram @radhiann di situ feedsnya emang ga bagus, tapi kalian bisa ikuti voting yang biasa gue pos kalo mau ngereview film yang akan gue tonton selanjutnya. Biasanya di insta story.
  4. Berlangganan via surel untuk situs ini, kalian tinggal tulis aja email kalian di kolom yang tersedia. Nanti kalo ada tulisan review film terbaru, akan ada notifikasi ke surel kalian langsung! Keren ga tuh?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress SEO Plugin by SEOPressor
%d blogger menyukai ini: